Selasa, 03 Oktober 2023
LOGO SMP PL TERBARU

Kurikulum

SMP Pangudi Luhur

Struktur & Muatan
kurikulum

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan

  • Kelompok mata pelajaran agama dan akhlak mulia
  • Kelompok mata pelajaran Kewarganegaraan dan kepribadian
    Kelompok mata
  • pelajaran ilmu pengetahuan dan teknologi
  • Kelompok mata pelajaran estetika
  • Kelompok mata pelajaran jasmani, olahraga dan kesehatan

Muatan Lokal

  • Wajib : PLKJ
  • Pilihan : Akuntansi

Pengembangan Diri

  • Bimbingan Konseling
  • Perwalian
  • Kepangudiluhuran

Pendekatan
kurikulum

  • Multi Kecerdasan (Multiple Intelligences

Siswa memiliki multi kecerdasan ( bahasa, logis-matematis,visual-spasial, musikal, kinestik-tubuh, sosial , intrapersonal, naturalis, dan spiritual )

  • Filsafat Kurikulum ( Curriculum Philosophy )

Teori Konstruktivisme berpendapat bahwa pengetahuan itu merupakan bentukan ( konstruksi ) dari orang yang sedang belajar. Pengetahuan merupakan kontruksi kognitif seseorang terhadap obyek, pengalaman maupun lingkungannya.

  • Pembelajaran Kontektual ( Contextual Teaching and Learning )

Pembelajaran kontektual adalah konsep belajar yang membantu guru mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari .

  • Pendekatan PAKIEMM

Pendekatan pembelajaran yang aktif, kreatif, inovatif,  menyenangkan dan mencerahkan.

  • Aktif

Membentuk pengetahuan sesuai dengan teori kontruktivisme.

  • Kreatif

Memanipulasi ( produk atau proses, konkret atau abstrak ) menjadi sesuatu yang baru.

  • Inovatif

Berkarya atau berpikir secara original yang dapat diterapkan dalam kehidupan.

  • Efektif

Tepat menuju tujuan yang jelas.

  • Menyenangkan

 

  • Mencerahkan sesuai teori quantum learning.

 

Ciri
kurikulum

  • Desain kurikulum dan pendekatan didasarkan pada kurikulum secara nasional, muatan lokal tingkat propinsi, tingkat sekolah, dan masukan dan pertimbangan kurikulum yang berlaku di negara lain / tingkat Internasional.
  • Kurikulum dibuat bersama dewan guru, masukan dari POM, Pengurus OSIS , dan Yayasan Pangudi Luhur.
  • Kurikulum bersifat kontektual yang disesuaikan dengan tuntutan dan perkembangan ilmu pegetahuan, teknologi yang ada.
  • Konsep dasar dengan penekanan konsep daerah yang luas dengan memunculkan pemahaman yang lebih dalam dari tiap mata pelajaran yang dihubungkan dunia nyata sekitar anak.
  • Program dalam kurikulum didesain memakai proses latar belakang , ada bukti perencanaan pengalaman dan intruksi pembelajaran.
  • Spiritualitas dan semangat dasar kerasulan Kongregasi FIC dimasukkan dalam kurikulum Kebruderan / ke FICan / Kepangudiluhuran, yang menjadikan ciri khas sekolah Yayasan Pangudi Luhur.
  • Penganeragaman kurikulum merespon kepentingan siswa, maka isi, proses dan hasil disesuaikan dengan kesiapan , minat dan profil pembelajaran melalui strategi dan pemberian tugas.
  • Kurikulum disajikan untuk pengembangan daya pikir dan kreativitas siswa.
Chat
Ada Yang Bisa Kami Bantu?